Posted on

Berita Kriminal – Berita Utama – Forensik Crime Scene – Menganalisa Broken Glass Ditemukan di TKP

Misalkan seorang korban menelepon polisi dan diberitahu bahwa seseorang melakukan penembakan drive-by di rumahnya. Penyelidik TKP CSI kemudian muncul untuk menyelidiki kejahatan. Salah satu hal yang mereka lihat adalah pecahan kaca di mana peluru atau peluru lulus. Bukti tersebut dapat memberitahu cerita untuk teknisi dengan mata yang tajam untuk rincian ditemukan dalam pecahan kaca.

Cara yang kaca pecah berkali-kali menyajikan petunjuk mengenai bagaimana rusak. Misalnya kaca yang rusak oleh bisbol ngebut akan memiliki pola yang berbeda dari patah daripada gelas yang dipecahkan oleh peluru.

Karakteristik istirahat khusus memungkinkan seorang ilmuwan forensik untuk memastikan arah dari mana dampak datang. Mereka termasuk jenis khusus fraktur stres-garis yang disebut garis conchoidal . Garis Conchoidal adalah garis yang berasal dari situs dampak. Saat melihat kaca melalui ketebalannya garis-garis kurva keluar dan jauh dari titik dampak dalam kurva menyerupai kurva kerang.

Jika peneliti mengambil melihat lebih dekat pada garis conchoidal dia bisa melihat garis kecil yang memancarkan hampir derajat dari garis conchoidal. Garis-garis fraktur dikenal sebagai mematahkan tanda .

Celah di windows dan pelat datar lainnya dari kaca seperti kaca depan cenderung memancarkan dan konsentrat. Saat melihat kaca tegak lurus dari permukaan orang dapat melihat retakan radial yang memancar ke luar dari titik benturan. Bayangkan ini seperti jari-jari yang memancar dari pusat roda.

Sekali lagi saat melihat kaca tegak lurus dari permukaan kita juga akan menemukan retakan yang berkonsentrasi di sekitar titik dampak dan disebut konsentris retak . Konsentris retak retak yang membentuk lingkaran semakin besar di sekitar titik dampak. Gambar ini sebagai sebuah lingkaran di dalam lingkaran dalam lingkaran …. semua yang mengelilingi titik impak.

Jika kecepatan peluru menyerang jendela dan menembus tetapi tidak sepenuhnya istirahat itu kerusakan dapat meninggalkan lubang disertai atau tidak disertai dengan garis fraktur tersebut.

Di satu sisi dampak sisi pintu masuk lubang akan menjadi kecil dan bersih. Di sisi lain dampak sisi keluar sepotong kecil berbentuk kerucut dari kaca yang telah dihapus. CSI biasanya akan melihat kaca dari kedua belah pihak untuk menentukan lintasan peluru yaitu apakah peluru itu ditembakkan dari luar rumah sebagai dalam kasus penembakan drive-by atau sebaliknya.

Lain kali Anda menonton favorit Anda CSI atau Forensik File acara TV Anda akan memiliki pemahaman lebih baik tentang bagaimana pecahan kaca dipelajari di laboratorium kejahatan untuk membawa pelaku ke pengadilan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s